Buat Forum Diskusi Yuk



Nah langsung aj ya...berhubung tadi siang kakak alumni saya sms tanyain soal cara bikin forum diskusi untuk joomla, dengan penuh semangat saya cari dah tutornya, akhirnya ketemu, mudah - mudahan ini tutornya bener ya. Amien. hehehhe...

Ok, menurut artikel yang saya baca di sini bahwa cara pembuatan forum diskusi ada beberapa software yang dapat digunakan, yaitu VBulletin, PhpBB dan SMF.

Untuk yang berbayar bisa gunakan VBulletin, dan untuk yang gratis bisa menggunakan SMF atau PhpBB, untuk yang SMF bisa di download di SINI, dan untuk yang PhpBB bisa di download di SINI.

Kalo untuk yang VBulletin kita harus membayar untuk memilikinya, sebenernya ada juga sih yang bajakan, tapi saya belum cari, tar deh kalo ada kesempatan saya cari.

Untuk bisa ngejalanin software - softwarenya kita perlu suatu aplikasi yang bisa di download di SINI, namanya aplikasinya adalah XAMPP.

Nah, sekarang saya akan ambil contoh salah satu jenis saja dari 3 software forum tersebut, saya akan mengambil forum SMF, saya menggunakan SMF karena memang paling sering digunakan oleh kebanyakan Forum diskusi.

Langkah pertama yang akan kita lakukan:

1. Download software XAMPP nya, yang di atas tadi itu loh, atau di sini deh. Dan kemudian instal seperti biasa pada direktori C:\ ( instal nya kaya biasa, di Next-next aja terus, ampe next nya ilang, hehehe :) ).

2. Download Software SMF di SINI

3. Jalankan software XAMPP, lalu setelah sampai pada tampilan seperti di bawah ini, silahkan beri tanda centang 2 kotak “apache” dan “MySOL” sampai ada tanda aktif. silahkan lihat gambar pada link di bawah ini.


4. Buat folder pada direktori C:xampphtdocs, dan beri nama folder tersebut “FORUM” (tanpa tanda kutip). Dan kemudian copy SMF yang sudah di download tadi di folder yang bernama “FORUM” tadi, dan kemudian klik kanan pada file SMF yang berbentuk ZIP tadi dan kemudian pilih “extract here”.

5. Buka browser lalu buat link seperti link berikut di browser anda http://localhost/forum/install.php , kemudian kita akan dihadapkan pada tahap instal forum tersebut.

6. Setelah di hadapkan pada tahap penginstalan, kemudian isi lah “forum name” pada kolom pertama, isikan nama forum yang akan anda buat. lalu pada kolom “MySQL Username” isikan dengan root, dan selebihnya biarkan seperti DEFAULT dan kemudian pilih “proceed”

7. Setelah masuk klik proceed (halaman selanjutnya), maka isi lah semua nya username, password dan email dan MySQLdatabase di kosongkan saja, dan harap ingat semua yang sudah anda isikan!.

8. FINISH!, silahkan centang tulisan Click here to delete this install.php file now. (doesn’t work on all servers.), dan kemudian pilih link yang bertuliskan “your newly installed forum”.

Nah, silahkan pelajari dulu sendiri cara-cara mengoperasikan forum yang sudah anda instal di localhost. Gampang koq! :D .

Lalu, gimana cara nya supaya forum saya bisa online dan di akses oleh public?

OK, berikut tutorial nya:

1. Yang pertama yang harus kita siapkan dalam pembuatan forum diskusi pertama kali adalah hosting berbayar dan file SMF. Untuk hosting bisa di cari sendiri, dan untuk yang file SMF nya bisa di download di SINI.

2. Setelah memiliki hosting berbayar maka kita dapat masuk ke CPanel, dan di cpanel kita masuk ke “file manager” lalu ke “public.html”, nah kemudian upload lah di situ.

3. setelah upload selesai maka kita extract file nya dan kemudian kita masuk ke “MySql Database” lalu kita buat DATABASE baru (isi username dan password), setelah itu kita buat USER. dan kalo sudah kita buat “user” dan “database” nya selanjutnya kita “add” user untuk database yang tadi kita buat, sehingga hak akses database tersebut berada di “User” yang kita buat tadi.

4. Ketik http://domainkita.com/forum/install.php URL di browser (silahkan ganti domainkita.com dengan domain anda sendiri).

5. Setelah memasuki tahap penginstalan maka kita nanti akan di suguhkan kolom isian yang meminta “Database” dan “User”, lalu ketik saja Nama database dan user yang telah kita buat, selanjutnya tinggal next-next aja :) , dan juga kita akan di suruh memasukan data ADMIN untuk forum kita, dan pada tahap akhir penginstalan kita akan di suruh menghapus file, silahkan hapus file yang di perintahkan.

6. Selesai!. Dan untuk melakukan pengeditan bisa anda coba sendiri, karena edit-edit nya gampang koq, tinggal kita aja yang mau modif-modif :) .

Selamat mencoba.


sumber : Yang Punya Tutor

1 komentar:

Tinggalkan komentar anda di sini.
Kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikan blog ini. :)

Hosted on Photoserver.ws Hosted on Photoserver.ws Hosted on Photoserver.ws

Related Posts with Thumbnails