Ada Celah Kelemahan SMADAV



Sebuah antivirus buatan lokal, asli dari anak bangsa. Saat ini, dipercaya penggunanya yang mencapai ribuan orang, dan juga diyakini sebagai salah satu banyak antivirus buatan lokal yang mempunyai banyak pengikut.


Dengan fitur yang sederhana dan tidak begitu ribet dalam penggunaannya. Serta dalam membersihkan virus, juga tidak terlalu buruk, banyak virus dapat diclean oleh smadav. Sayangnnya Smadav selalu membuat folder baru pada flash disk apabila flash disk di colok ke komputer yang menggunakan Smadav yang mengakibatkan kinerja flash disk akan menjadi agak lambat. Buruknya lagi, setiap kali kita mencoba untuk menghapus folder tersebut, selalu di protek (alias gk bisa di apus), dan smadav slalu membuat file "autorun.inf".


Selain itu, saya membaca sebuah artikel yang membahas juga tentang kelemahan smadav ini, ada titik lemah yang lumayan berbahaya dan dapat mengancam, yaitu antivirus ini tidak dapat mengenali Virus terdahulu (lama), virus jadul (kuno) ataupun virus yang ada didatabasenya sekalipun, bila “icon” virus tersebut kita ubah atau kita ganti. Misalnya ada virus kuno yang menyebar menggunakan kamuflase icon “Word office”, dan bila iconnya diganti menjadi "Powerpoint" atau gambar lain nya, maka smadav tidak akan mengenalinya lagi sebagai virus. Secara sederhana, bila virus itu iconnya bergambar 1 dan berhasil dideteksi oleh smadav, lalu kita ingin rubah atau modif virus yang sama tapi kita hanya merubah iconnya saja dengan gambar 2, maka smadav gagal mendeteksinya, sehingga virus tadi dapat masuk dengan mulusnya kekomputer kita tanpa sepengetahuan smadav ataupun sepengetahuan kita.


Oya satu lagi, ini menurut pengalaman saya pribadi sewaktu saya mencoba untuk mendownload antivirus smadav, berhubung di komputer saya menggunakan antivirus avira. Setelah saya coba extract antivirus smadav tadi, ups...ternyata terdetect sama avira sebuah virus bawaan smadav, gak tanggung-tanggung virus nya Trojan. Oleh karena itu, saya secara pribadi jadi enggan untuk menggunakan smadav, dan anti menggunakan smadav ya walaupun itu buatan bangsa kita sendiri, namun saya secara pribadi juga menginginkan komputer bebas virus, karena komputer saya sebagai server. Hmm..pikir" deh mau pake smadav.

Cukup sekian dulu deh artikelnya, semoga artikel ini berguna buat semua yang baca nya. :)

Share on Twitter

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar anda di sini.
Kritik dan saran sangat membantu untuk perbaikan blog ini. :)

Hosted on Photoserver.ws Hosted on Photoserver.ws Hosted on Photoserver.ws

Related Posts with Thumbnails